Beda Watak Orang Indonesia dan Jepang

January 30, 2013 WIB
Oleh : SMP N 1 Tayu       Artikel Umum

Meskipun kedua negara ini sama sama terletak di benua Asia, dan rata-rata sifat dasar manusianya hampir sama karena sama sama terletak di benua Asia. Tetapi jika kita membandingkan dengan menganalisis sifat dasar orangnya, keadaan kedua negara ini sangat berbeda jauh.

Mengapa demikian ?
karena masing-masing manusianya memiliki sifat dasar yang berbeda. Mereka dibentuk dan dididik dengan cara yang berbeda. Ingin tau bagaimana perbedaan sifat-sifat antara manusia di Indonesia dengan manusia di Jepang ?

1. Saat berada di kendaraan Umum
Jepang: orang-orang Jepang biasanya suka baca-baca buku waktu di dalam kendaraan umum.
Indonesia: Orang Indonesia suka gosip, ketawa-ketiwi,ngelamun dan ada juga yang tidur.

Intinya orang jepang lebh banyak memanfaatkan waktu untuk hal yang lebih bermanfaat daripada orang Indonesia.

2. Saat Sedang Makan Di Kendaraan Umum
Jepang: Orang jepang biasanya setelah makan di kendaraan umum sampah sisa makanannya disimpan dalam saku celana atau dimasukkan terlebih dahulu ke dalam tas baru setelah itu dibuang setelah menemukan tong sampah.
Indonesia: Orang Indonesia kebanyakan denga wajah tanpa dosanya buang sampah sembarang dalam kendaraan umum. Sampah dibuang di kolong bag atau dilempar keluar jendela begitu saja.

Intinya orang Jepang lebih bersih dari pada orang Indonesia dan mereka lebih mengerti gimana caranya menjaga kebersihan.

3. Saat di dalam kelas
Jepang: Orang jepang mengisi terlebih dahulu bangku depan dari pada bangku belakang sehingga sering kita lihat kalau sekolah di jepang banyak bangku yang kosong di belakang.
Indonesia: Orang Indonesia suka kosongin bangku depan. yang pertama datang kebanyakan langsung duduk di belakang bukan cari bangku depan.

4. Saat Dosen/ Guru Memberikan Pelajaran
Jepang: Semuanya serius mendengar apa yang diajarkan oleh dosen/guru yang sedang memberikan pelajaran.
Indonesia: Biasanya cuma barisan depan aja yang dengerin (itupun karena duduk pas di depan Dosen/guru) kalau yang bagian belakangnya jangan ditanya kalau bukan tidur asik dengan Gosip.

5. saat Diberikan Tugas Oleh Guru / Dosen
Jepang: Orang jepang langsung mengerjakan tugas yang diberikan kalau tidak siang/malamnya. Langsung cari bahan di perpustakaan ataupun browsing di internet untuk mencari bahan.
Indonesia: Orang Indonesia pemikirannya begini “Kalau ada hari esok ngapain kerjain hari ini” bisa-bisa minggu depannya tugaspun belum selesai di buat.

6. Saat Terlambat Masuk Kelas
Jepang: Orang jepang biasanya mohn maaf sambil membungkukkan badan sampai 90 derajat dan menunjukkan ekspresi malu ditambah dengan menyesal dan berjanji besok tidak akan mengulanginya lagi (janjinya ditepati).
Indonesia: Kalau orang Indonesia kebanyakan langsung masuk ke kelas tanpa bilang permisi sama sekali. Kadang-kadag kalau udah telat sering juga tidak mau masuk lagi.

7. Ketika dijalan raya
Jepang: Dijalan raya jepang mobil sangat jarang (kecuali dikota-kota besarnya). Padahal seperti yang kita ketahui jepang adalah produsen mobil terbesar di dunia saat ini.
Indonesia: Jalanan macet, parkiran sembarangan dimana-mana. dan lebih parahnya lagi banyak anak remaja yang suka pamer suara rombeng knalpot mobil atau kendaraannya.