Pelaksanaan UN di SMP N 1 Tayu (SMPNSATA) Sukses

April 28, 2013 WIB
Oleh : Drs. Anggo Budi       Artikel Umum, Masalah Pendidikan

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN)  tingkat SMP tanggal 22 s.d.25 April  2013 telah berakhir. Seperti  tahun-tahun sebelumnya , UN tahun ini pelaksanaannya juga dihadapkan dengan pro kontra keberadan UN sebagai alat ukur penentu lulus tidak seorang anak didik dalam menempuh pembelajaran selama tiga tahun. Lebih mengerikan lagi isu kebocoran soal dan kecurangan UN santer terdengar dari mulut kemulut bahkan lewat media cetak maupun elektronik secara agresif sebagai bumbu yang tidak sedap dalam pelaksanan UN itu sendiri. Semoga semua itu bukan merupakan karakter bangsa kita, manusia secara umum maunya kalau bekerja tidak keluar keringat tetapi kalau makan justru berkeringat dan bukan pula pencampuradukan UN dengan politik praktis, terserah pada pribadi dan nurani masing-masing individu.

Lepas dari pro kontra, kebocoran, kecurangan pelaksanaan UN, sebagai insan pendidikan SMP Negeri 1 Tayu (SMPNSATA) telah melaksanakan UN dengan lancar dan sukses dalam arti pelaksanaan sesuai dengan Pemoman Operasional Standar (POS) UN BSNP. Seluruh komponen SMP N I Tayu mulai dari Kepala Sekolah, komite sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta para siswa telah mempersiapkan pelaksanan UN dengan sebaik-baiknya, apalagi UN tahun ini soal dibuat dalam 20 paket yang kodenya menggunakan barkod pengawasan dilakukan silang penuh dengan MTs sebagai antisipasi kebocoran dan kecurangan. Semoga sukses pelaksanan UN di SMP Negeri 1 Tayu nantinya juga diikuti sukses hasil UN yang dicapai oleh  siswa dalam mengerjakan soal-soal UN itu sendiri dengan target tidak sekedar lulus 100% namun nilai rata-rata UN minimal peringkat 3 se Kabupaten Pati.

Sukses pelaksanaan sekaligus sukses hasil  sangatlah penting, karena SMP N 1 Tayu disamping sebagai Sekolah Penyelenggara UN juga dipercapaya sebagai penyelenggara UN di sub rayon 02 Tayu yang terdiri dari 17 SMP negeri maupun swasta. Bahkan  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Drs. Sarpan, S,H.,MM , yaitu Selasa, 23 April 2013 (hari ke 2)  melakukan monitoring pelaksanaan UN ke beberapa sekolah di wilayah Sub Rayon 02 Tayu termasuk SMP Negeri 1 Tayu . Setelah peserta  selesai mengerjakan soal UN pada hari ke 2 beliau menyeempatkan memberi pembinaan kepada seluruh panitia  dan pengawas yang bertugas agar melaksanakan tugas sebaik-baiknya terlebih di SMP Negeri 1 Tayu. Semoga sukses anak-anakku.